imagges

Tips Cara Membuat Diktat


Sebagai seorang guru mungkin anda sering membuat ringkasan sebelum mengajar. Ringkasan ini sangat sederhana namun sangat bermanfaat bagi guru dan murid, disamping memudahkan guru dalam mengajar, siswa juga akan dimudahkan dalam kegiatan pembelajaran. Karena tidak harus membaca buku yang tebal-tebal.

Diktat juga sangat mudah untuk dipelajari, dihafal dan juga murah dari segi ekonomi, karena ringkas, padat, dan sederhana. Coba bandingkan dengan harga sebuah buku pelajaran yang rata-rata di atas harga tiga puluh ribu, jika dengan diktat harganya sekitar sepuluh ribu sampai lima belas ribu. Jelas lebih murah kan?

Dengan diktat juga mudah untuk memantau ketercapain tujuan pembelajaran, karena praktis, mudah dan sangat dikuasai oleh guru yang bersangkutan, mengingat diktat adalah karyanya sendiri.

Ringkasan pada tiap-tiap bab mata pelajaran itu, apabila rajin kita kumpulkan dalam file, kemudian kita beri judul dan sampul dengan kemasan yang bagus, maka jadilah ia diktat. Tanpa sadar guru telah membuat sebuah diktat. Lalu diktat itu direvisi tiap tahun sehingga menjadi baik dan sempurna, maka derajatnya menjadi sebuah buku. Jika ditawarkan pada penerbit dan disetujui. Jadilah ia sebuah buku pelajaran. Tanpa sadar guru itu telah menjadi seorang penulis buku. Nah jika itu semua dapat terwujud, tidak hanya akan cepat naik pangkat, tapi juga akan menjadi guru kaya.

Mungkin sangat berlebihan kalau saya mengatakan demikian. Namun ada benarnya juga apabila dicoba mulai sekarang. Apalagi bagi Bapak-bapak dan Ibu-ibu guru yang sudah puluhan tahun duduk manis di golongan IV/a. Harusnya mulai sekarang harus bangkit dari duduk manisnya.

Memang sih membuat diktat nilai kredit poin nya hanya satu, akan tetapi nilainya pasti. Sehingga apabila guru membuat diktat tiga buah dalam satu tahun, maka PASTI ia mendapatkan kredit tiga poin. Sehingga tanpa membuat karya lain apapun, dalam jangka waktu empat tahun sudah dapat nilai 12 poin, ini cukup untuk naik ke IV/b. Dari pada tidak berbuat sama sekali, kan lebih baik berkarya meskipun sedikit-sedikit. Apalagi Anda yang saat ini masih digolongan III/d, segera berkarya sejak sekarang.

Pokoknya sekarang kita realistis dulu, artinya berkarya dari yang kecil-kecil dulu, yang mudah-mudah dulu. Untuk memulainya sangat mudah yang penting adalah disiplin.
Kuncinya adalah disiplin diri, tidak ada sebuah karya hanya mengandalkan ide dan mood, saja. Akan tetapi ide dan mood itu harus digali, kalau perlu dipaksa. Kalau tidak dipaksa jangan harap akan dapat menyelesaikan sebuah karya.

Membuat Diktat Mata Pelajaran
Nah sekarang ikutilah tip saya berikut ini !
Pertama bukalah dan baca perangkat pembelajaran anda, lihat pula buku-buku yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran.

Bacalah satu bab dulu.
Buatlah ringkasan sebaik-baiknya. Untuk membaca dan membuat ringkasan paling tidak membutuhkan waktu dua jam. Lalu ketik dalam sebuah file, lalu simpan.

Kalau datang penyakit malas, maka segeralah minum obatnya. Obat malas hanya satu, yaitu ‘dipaksa’ , tidak ada obat yang lainnya.

Ulangilah untuk hari berikutnya, dengan kegiatan yang sama, sampai pada bab terakhir selesai.

Kalau anda disiplin, maka dalam jangka waktu lima belas hari anda sudah mempunyai satu buah karya yang Istimewa. Tinggal dijilid, dan dimintakan tanda tangan pengesahan dari kepala sekolah. Maka Anda Telah Sukses Mendapatkan SATU angka kredit.

Kriteria Sebuah Diktat
Untuk membuat sebuah karya (diktat) yang layak,yang dapat dihargai angka kreditnya tentu tidak sembarangan dalam pembuatannya.
Berikut ini bisa menjadi pedoman Anda dalam membuat Diktat.

Ketentuan Umum
Diktat dibuat oleh guru yang memang mengajar mata pelajaran dimaksud. Contohnya seorang guru Bahasa Inggris yang mengajar Bahasa Inggris ia dapat menulis Diktat Bahasa Inggris.

Diktat dibuat dalam muatan satu tahun (dua semester)
Diktat dimaksud digunakan di sekolah yang bersangkutan atau oleh sekolah lain dan juga dikoleksi di perpustakaan (dibuktikan dengan surat pernyataan dari pepustakaan sekolah)Harus disahkan serendah-rendahnya oleh kepala sekolah.

Sekurang-kurangnya DIKTAT memuat sebagai berikut
Judul
Halaman Pengesahan
Kata Pengantar
Dafatar Isi
Isi atau Materi Pelajaran
Daftar Pustaka
Lampiran

Pejelasannya adalah sebagai berikut
Judul Diktat
Judul harus mencerminkan Isi Diktat secara umum, yaitu memuat nama mata pelajaran, kelas, kurikulum yang dianut, nama dan lokasisekolah, nama penulis dan tahun penulisan. Judul cukup sederhana akan tetapi harus menarik

Halaman Pengesahan
Agar diktat diakui oleh orang lain, harus disahkan lebih dulu. Yang mengesahkan paling rendah adalah kepala sekolah, jika diktat digunakan pada level sekolah, jika digunakan pada level Kabupaten tentu inas Pendidikan dan seterusnya.

Kata Pengantar dan Daftar Isi
Sudah jelas, tidak perlu diuraikan lagi.

Isi Diktat
Diktat berisi uraian materi pelajaran yang dikelompokkan dalam beberapa BAB sesuai dengan cakupan materi yang ada.
Kelengkapan materi pelajaran adalah:
Di dalam penyusunan materi pelajaran, sebuah diktat perlu dilengkapi dengan perangkat penunjang berupa Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator dan Tujuan Pembelajaran.

Uraian Materi
Penyajian materi pada diktat perlu memperhatikan beberapa kaidah yang penting, diantaranya:
Disajikan dalam bahasa yang lugas, tegas yang memuat pokok-pokok materi yang penting. Tidak memperbanyak penjelasan sisipan, contoh-contoh, diagram maupun sisipan penunjang lainnya.Kalau mengutip sebuah buku atau pendapat orang lain harus mencantumkan sumbernya.
Selanjutnya di akhir materi, sebuah diktat harus dilengkapi perangkat penilaian. Perangkat penilaian harus mencantumkan : Naskah soal, kunci jawaban, dan skala (skor) penilaian.

Daftar Pustaka
Daftar pustaka adalah nama-nama buku (sumber lainnya) yang menjadikan rujukan dalam penulisannya. Kaidah penulisan daftar pustaka untuk diktat sama dengan daftar pustaka yang ada pada penyusunan buku atau karta tulis lainnya.

Lampiran
Lampiran merupakan data tambahan yang dianggap penting sebagai pendukung materi pokok, sehingga materi pokok benar-benar dapat dipertanggungjawabkan.

Yang dapat dilampirkan meliputi: gambar, diagram, program, surat-surat dokumen dan lain-lain.

Okey, selamat mempraktekan dan sampai jumpa lagi pada tips berikutnya.

Oya, bagi anda yang berminat dan membutuhkan contoh diklat silahkan hububungi kami di 089693446114 /GRATIS 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s