Pengin bikin pepes


Puasa belum mulai, tapi rencana mau buka en saur pake apa udah dihayalin dow…hehehee… payah ya? tapi gpp kali.. kan menyiapkan menu buat buka puasa en orang yang pada puasa kan juga ada pahalanya ye gak…. 😀 So langsung aja tak share aja ya… menu masakan apa yang ada di batok kepala saya saat ini. Sejujurnya saat ini saya lagi bayangin pepes ikan mas, pepes jamur en pepes tahu, masakan yang udah sering saya nikmatin, tapi kalau untuk buat sendiri rasanya saya masih cari panduan en contekan deh… Soalnya apa saja bumbu dan cara memasaknya saya belum hafal en ragu… jadi dari pada rugi, udah masak capek eh salah en gak enak khan mending kita nyatet dulu dari buku-buku masak yang banyak betaburan di toko buku or bisa juga ngulik di internet. Dan ini info yang saya dapet…

1.Resep Pepes Tahu

peshu

 

 

 

 

 

 

Bahan:

400 gr tahu putih

1 butir telur ayam kocok

1/2 cm  siung kunyit

20 lbr daun kemangi

1 bh cabai merah, iris tipis

1 bh cabai hijau, iris tipis daun pisang untuk membungkus

Haluskan:

5 butir bawang merah 2 siung bawang putih ½ sdt merica butiran 1 sdt garam

Cara membuat :

Tiriskan tahu, haluskan. Campur tahu halus dengan telur, cabai, kemangi, dan bumbu halus. Aduk hingga rata. Ambil sepotong daun pisang lalu beri 2 sdm adonan tahu. Gulung daun pisang sambil padatkan. Semat kedua ujungnya dengan lidi. Kukus dalam dandang panas hingga matang. Angkat. Bakar di atas bara api hingga daun kering. Angkat dan hidangkan.

2. Resep Pepes Ikan Mas

ikan mas

Bahan dan bumbu :

1 ekor ikan mas (6 ons)
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
10 butir kemiri
1 potong kunyit
12 buah cabe rawit
4 buah cabe merah
6 tangkal daun kemangi
4 lembar daun salam
1 buah tomat garam secukupnya daun pisang untuk membungkus
Cara membuat :
Ikan mas dibuang sisik dan isi perutnya, Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah, kemiri dan kunyit. Campurkan cabe rawit bulat, daun kemangi, daun salam dan garam. Kemudian ikan mas diberi bumbu yang telah tercampur, dibungkus daun pisang lalu dikukus sampai matang. Angkat dan siap dihidangkan.

3. Resep Pepes Jamur Petai

jamur
Bahan dan bumbu :
20 butir jamur merang
2 papan petai
6 tangkai daun kemangi
6 lembar daun salam
6 lembar daun jeruk
6 buah cabe rawit garam secukupnya daun pisang untuk membungkus

Cara membuat :
Bersihkan jamur merang lalu direbus. Setelah direbus jamur dipotong-potong, Bersihkan petai lalu diiris-iris, bawang merah diparut, Bawang merah, jamur dan petai ditumis sebentar saja lalu angkat, Setelah itu dicampur daun salam, daun jeruk, cabe rawit dan garam, kemudian dibungkus daun pisang, Kukus sampai matang, lalu dipanggang di atas arang sebentar. Siap dihidangkan. Nah selesai dh, gimana sepertinya gampang khan? tapi biar afdol silahkan coba dipraktekan di dapur kalian masing2, buat pemula membungkus bahan utama yang akan dipepes bukan suatu hal yang mudah lho… 😀 Oya catatan untuk pepes jamur, tidak harus mutlak pake petai, jadi bagi yang tidak suka petai ya ngga usah pake petai.. Okey… Selamat Mencoba ya… 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s