Dokumen Pemberkasan CPNS 2014


JAKARTA – Seleksi nasional Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2013 telah usai. Saat ini, banyak Kementerian/Lembaga memulai tahapan pemberkasan CPNS yang lulus seleksi.

Sebenarnya, apa sih pemberkasan itu?

Menurut Deputi SDM Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara – Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Setiawan Wangsaatmaja, pada dasarnya tahap pemberkasan adalah finalisasi persyaratan menjadi CPNS. Di tahap ini, CPNS yang lulus seleksi diminta datang ke Kementerian masing-masing untuk menunjukkan dokumen asli yang mereka gunakan untuk mendaftar.

Pada tahap ini keaslian dokumen administrasi CPNS diperiksa. Di antara dokumen yang harus dibawa adalah kartu identitas, ijazah asli, transkrip nilai asli, kartu kuning dan SKCK.

“Peserta seleksi yang dinyatakan lulus sebaiknya mengikuti semua persyaratan pemberkasan yang dikeluarkan kementerian tempatnya mendaftar,” kata Setiawan ketika dihubungi Okezone, Minggu, 5 Januari malam.

Tahapan pemberkasan sendiri bisa jadi berbeda-beda di tiap instansi. Ada instansi pemerintah yang melakukan pemberkasan setelah peserta seleksi lulus Tes Kemampuan Dasar (TKD). Ada juga instansi yang baru melakukan pemberkasan setelah peserta seleksi  mengikuti Tes Kemampuan Bidang (TKB) dan berbagai tes lainnya.

TKD, kata Setiawan, adalah sistem seleksi umum yang dipakai nasional. Tetapi kementerian yang formasinya membutuhkan keahlian spesifik boleh melaksanakan TKB; misalnya, Kemenkeu dan BPPT. Sementara itu, Pemda biasanya tidak memerlukan TKB karena bidang pekerjaan pada formasinya cukup umum

“Kelulusan seleksi CPNS ditentukan melalui integrasi nilai TKD dan TKB. Nilai setelah integrasi inilah yang menjadi nilai final dan merupakan penentu kelulusan peserta seleksi,” imbuhnya. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s