Pass Malam Datang….


Pas malam datang, pasti penginnya bisa istirahat dengan tenang, tentram, damai, dan tertidur dengan lelap, supaya besok pagi pas terbangun dari tidur bisa terjaga dalam kondisi tubuh dan pikiran yang fit dan fresh….

Dan idealnya malam memang dipergunakan untuk istirahat, seperti yang diajarkan dalam Agama. Kalau kita lihat, sebagian besar dari penghuni bumi ini seperti tumbuhan dan hewan, dan manusia memang mengikuti akidah itu. Kecuali spesial untuk hewan yang mencari mangsa atau makanan di malam hari, seperti kelewar, musang, tikus, nyamuk, kunang-kunang dst…

Lalu bagaimana dengan tumbuhan? Mungkin saya harus buka2 dulu buku tentang hal itu. Lalu bagaimana juga dengan manusia? Nah, kalau yang ini mungkin saya bisa sedikit mengetahui apa penyebabnya, selain karena ada juga sebagian dari kita yang tidak bisa beristirahat di malam hari karena harus bertugas atau mencari nafkah di malam hari.

Ada juga faktor lain yang menyebabkan manusia tidak mampu atau tidak bisa mempergunakan waktu malamnya untuk beristirahat dalam hal ini tidur dengan lelap. Misalnya karena terkena imsomania, adanya suatu hal yang membebani pikiran, tengah sedih atau gelisah… dst….

Sehingga banyak juga diantara kita, pass malam datang kita malah lebih suka menghabiskan waktu dengan tetap terjaga. Merenung, ngobrol dengan teman, belajar, membaca, menulis dan mencari ilham untuk kelanjutan hidup di esok harinya…

Bukan hal yang salah memang, selama hal itu tidak berlebihan. Karena malam memang menjanjikan ketenangan, keheningan dan kedamaian. Jadi tak ada salahnya kalau kita mengambil moment sunyinya malam untuk mengambil sesuatu yang bermanfaat.

Terlebih bila sepertiga dari malam kita pergunakan untuk beribadah….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s