Eksperimen ‘Jengkol’


Berawal dari nonton acara kuliner yang disajikan oleh salah satu stasiun televisi dimana yang jadi menu andalannya adalah masakan yang berasal dari tanaman yang bernama “Jengkol’, maka Sabtu kemarin saya jadi penasaran pengin mencoba, sensasinya, rasanya… manfaatnya dan etclah…. Dan tadi pagi saya mulai deh niatan saya untuk ber’eksperiment dengan masakan Jengkol…”

Hal yang pertama saya lakukan adalah, merendam buah ‘Jengkol’ tersebut dari kemarin sore, sampai tadi pagi saat mau diolah. Kedua membuang air rendaman, membilas dan mencucinya sampai bersih. Ketiga baru merebusnya dengan tidak lupa memasukan sereh dan daun jerut purut, kurang lebih 2 sampai 3 jam.

Sesudah itu Jengkol diangkat dan dicuci lagi hingga bersih yang dilanjutkan dengan acara melepaskan kulit ari yang menempel pada buah Jengkol. Usai mengelupas kulitnya Jengkol kembali dicuci hingga bersih. Barulah pada tahap akhir penyiapan masakan Jengkol yaitu menggetok atau memukulnya hingga gepeng….

Setelah semuanya gepeng, sekarang saatnya kita mengolah menjadi sebuah masakan yang lezat dan menggiurkan. Setidaknya itu yang saya lihat ditayangan televisi. Ada rendang jengkol, semur jengkol, sambel goreng jengkol dan lain-lain….

Berhubung pemula, jadi saya pilih untuk menyemur saja jengkol-jengkol yang sudah saya buat gepeng tadi. Dengan komposisi bumbu ala saya tentu, yaitu bawang putih, kemiri, jahe, lada, salam, lengkoas dan garam semua secukupnya.

Diuleg atau dihaluskan kemudian tumis hingga harum, baru masukan jengkol-jengkol tadi kedalam wajan. Tambahkan kecap dan air secukupnya lalu biarkan hingga bumbu meresap. Menjelang matang masukan ‘masako’ rasa daging aduk-aduk lagi hingga bumbu merata dan meresap, tambahkan juga gula pasir secukupnya. Aduk lagi, cicipi lalu angkat….

Dan hasilnya kira-kira seperti ini nih…🙂

penampilannya cukup cantik khan? Itu baru penampilannya gimana dengan rasanya…?! Itu mah… Ga tahu dehh…. hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s