Berpuasalah….


Ini pengalamanku, aku pernah membuktikannya dan menurutku memang masuk dilogika. Secara manusia biasa gitu loh biasa…  sepertinya pernah mengalami suka dukanya hidup. Putus asa, hilang asa, kehilangan pegangan etc. Semula aku sibuk kesana kemari, mencari obat wat melupakn kegelisahan. Tapi hasilnya nihil, coz saat aku sendirian, aku kembali kemasalahku lagi.. Sampai akhirnya muncul keinginanku untuk menyiksa diri saja, biar makin jelas sakitnya.

Cuma untungnya cara yang  aku tempuh itu benar, yaitu dengan mogok makan, begitu mula ceritanya.. tapi coz aku  ga kuat berpuasa or ga makan selama 24 jam penuh, maka tiap magrib aku berbuka, keesoknnya hal itu terus kuulangi, terus secara rutin dengan asyik. Ajaib entah mengapa, aku mulai merasakan ada ketenangan yang menyusup perlahan kedalam jiwaku..

Dan  dengan perlahan pula kegelisahan yang selama ini membelenggu hati pun sirna dengan begitu saja. Entah pergi kemana? Dulu aku tak pernah sempat untuk memikirkan apa penyebabnya. Tapi sekarang  aku mulai  bisa menarik satu ksimpulan, bahwa puasalah yg telah menyembuhkn penyakit yg ada dalam hatiq. Lo kook bisa? hehe menurutq logikanya begini…

Sbgmana diketahui, diri ini terdiri ats unsur jasmani n rohani. Idealny keduany hrs sehat sehingga ada keseimbangan antara keduany. Klo slah satu diantara ke2ny ada yg sakit past akn menimblkan efek tdk nyaman, pada ke dua2ny. Bila jasmani qt yg sakit maka unt menyembuhkn diharuskan meminum obat or menjalani perawatn yg melelahkan.. ya kn? Lalu bgmna rasa obat? yapz! pahit..

Nah begitu juga bila rohani qt sakit, dia jg hrz diobati. Tak ckup dgn kata2 penghiburn or berkonpensasi, yg dtng dr orang lain, smua itu.. sifatny cm smentara.. Krna yg palng bs mrskan adlah diri qt sndiri,maka qt jglah yg bs menyembuhknny. Yaitu dgn cara berpuasa. Apa alasannya? Bgni pd saat hati qt terluka, qt cenderung mrsa nelangsa or tingkat mengasihani diri sendiri jd lbh meningkat.  Nah dgn berpuasa, qt seolah makn mengukuhkan keadaan qt yg sdang tak berdaya, lemah, loyo dsb. Scra fisik bgtu kn kondisi org yyang sedang berpuasa? Dgn demikian skrang kndisiny jd balance.. hati loyo tubuh jg loyo.. Loh tambh parah dunk?

Justru sebalikny kondisi sprti membuat hati terasa nyaman. Sprti yg aku bilang td, sesungguhny manusia itu memiliki kecenderungan yg tinggi unt mengasahi diri sendiri. Itu makany loyonya hati n loyonya  phisik malah membuat qt merasa tenang.

Yg kedua dgn berpuasa qt jadi punya kegiatan or keasyikan baru. Memiliki sesuatu yg dinanti, memiliki satu harapan yaitu menunggu adzan magrib or saat berbuka puasa.

Selain itu masih ada bonusnya.. Bila puasa tadi kita niatkan untuk ibadah, maka ALLAH pasti akan memberikan pahala.

So, buat kalian yang saat ini lagi ngalamin hari yang ga enak, gimana kalau kita coba aja serep sederhana ini. Yahh, anggap saja  ALLAH lagi ngasih giliran ke kamu  untuk dapetin kesehatan rohani mau pun jasmani pluzz sama ngasih bonus pahala… Welehhh…🙂

Tinggalkan Balasan

